RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Satuan
Pendidikan : SD
Kelas/Semester : 1 (satu) / 1 (satu)
Tema
Pembelajaran : namaku dimas siapakah namamu
Jumlah
Pertemuan : 1 x Pertemuan ( 3 x 30 menit )
A. Standar
Kompetensi
1. Memahami
bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan
B. Kompetensi
Dasar
1.1 Membedakan
berbagai bunyi bahasa
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.1.1
Membedakan berbagai bunyi bahasa
D. Tujuan
Pembelajaran
1. Setelah
mendengarkan 4 contoh bunyi bahasa yang dibacakan oleh guru, siswa dapat
membedakan berbagai bunyi bahasa
2. Dengan
bimbingan guru tentang bunyi bahasa, siswa dapat menirukan berbagai bunyi
bahasa dengan jelas
E. Materi
Ajar
membedakan
bunyi huruf
i,
n, u, m
i i
i i i
i i i
n
n n n n n n n
u
u u u u u u u
m
m m m m m m m
membedakan bunyi suku kata
ni
– ni mi – mi
nu
– nu mu – mu
membedakan bunyi kata
nini mimi
nunu mumu
F. Alokasi
Waktu
3
x 30 menit
G. Metode
pembelajaran
Demonstrasi
Latihan
terbimbing
Penugasan
H. Kegiatan
Pembelajaran
1. Pendahuluan
( 10 menit )
1) Salam
2) Doa
3) Mengecek
kehadiran
4) Apersepsi
a. apakah kalian pernah mendengar lagu abc?
b. apa saja huruf yang kalian ketahui?
5)
Tujuan pembelajaran
2. Kegiatan
inti ( 70 menit )
1) Siswa
memperhatikan guru yang memperkenalkan 4 huruf abjad di papan tulis.
2) Siswa
mendengarkan huruf seperti i, n, u, m yang dibacakan oleh
guru.
3) Siswa
diminta guru untuk membedakan bunyi
huruf yang satu dengan yang lainnya.
4) Siswa
dibimbing guru untuk bersama-sama
mengucapkan huruf – huruf yang ada di
papan tulis.
5) Siswa
diminta untuk mengucapkan kembali huruf dengan jelas.
6) Siswa
mengamati kartu huruf berwarna yang terdiri dari suku kata yang telah dibagikan
guru dan masing masing siswa mendapatkan 1 kartu.
7) Siswa
diminta maju kedepan satu persatu oleh
guru untuk menempelkan kartunya ke papan tulis.
8) Siswa
kembali ke tempat duduknya masing-masing.
9) Siswa
dibimbing guru untuk bersama – sama mengucapkan suku kata yang
sudah ditempel di papan tulis.
10) Siswa diminta untuk mengucapkan kembali suku kata dengan jelas.
11) Siswa dibimbing guru untuk menyusun kartu
huruf yang terdiri suku kata di papan tulis menjadi kata – kata yang sederhana sehingga membentuk nama orang.
12) Siswa memperhatikan guru yang sedang menempelkan
2 gambar orang dibawah huruf yang terdiri kata-kata.
13) Siswa
dibimbing guru untuk bersama-sama mengucapkan
kata-kata yang ada diatas gambar.
14) Siswa
diminta untuk mengucapkan kembali kata- kata dengan jelas.
15) Siswa
memperhatikan guru yang menempelkan huruf yang terdiri kata kata dan 2 gambar orang di papan tulis.
16) Siswa dibimbing guru untuk bersama-sama
mengucapkan kata-kata yang ada diatas gambar.
17) Siswa diminta untuk mengucapkan kembali kata-kata
dengan jelas.
18) Siswa
diminta maju kedepan satu persatu oleh guru untuk mengucapkan bunyi huruf, suku
kata dan kata yang ada dipapan tulis.
19) Siswa diberikan penguatan konsep yang belum
tepat oleh guru.
3.
Kegiatan penutup ( 5 menit )
1).
Kesimpulan materi
2).
Pekerjaan Rumah ( PR )
3).
Salam
I. Penilaian
Hasil Belajar
Jenis
tes : lisan
a. Tes
1. ucapkanlah
4 bunyi huruf dibawah ini
i
n
u
m
2. dengarkan
dan tirukan bunyi suku kata dibawah ini
ni
– ni mi – mi
nu
– nu mu – mu
3. dengarkan
dan tirukan bunyi kata kata dibawah ini
nini mimi
nunu mumu
b. kunci
jawaban
kebijakan
guru sesuai pengucapan
c. penilaian
ucapan
yang tepat dan sungguh-sungguh diberi nilai 80 – 100
ucapan
yang hampir tepat dan sungguh sungguh diberi
nilai 60 – 70
J. Media
dan Sumber Belajar
1. Media
Kartu huruf berwarna dan gambar
2. Sumber
Belajar
Nurchulis, Hanif dan Mafrukhi. 2007. Saya Senang Bahasa Indonesia Untuk Sekolah
Dasar Kelas 1. Jakarta: Erlangga.
terimakasih untuk infonya
BalasHapusTerima kasih sangat membantu
BalasHapusBoleh minta file rpp kelas 1 semester 1 memahami bunyi
BalasHapusBuat tugas kuliah