Kamis, 16 Juni 2016

Langkah -Langkah Pembelajaran Dengan Teori Kontruktivisme

Mata Pelajaran                        : IPS
Kelas/Semestar                        : V1/II
Materi  Ajar                             : Cara Menghadapi Bencana Alam
Teori Belajar                            : Kontruktivisme
Alokasi Waktu                        : 3x35 menit



1.    Pendahuluan ( 10 menit )
1)   Salam
2)   Doa
3)   Mengecek kehadiran
4)    Apersepsi
a.       Apakah kalian pernah melihat bencana alam ?
b.      Apa saja bencana alam yang telah kalian ketahui?
c.       Bagaimana cara menghadapi bencana alam?
5)  Tujuan pembelajaran


2.      Kegiatan inti ( 90 menit )
1)      Siswa memperhatikan guru yang memberikan penjelasan materi tentang cara menghadapi bencana alam.
2)      Siswa dibagi 5 kelompok oleh guru , masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang.
3)      Siswa yang telah dibentuk kelompok, masing-masing diminta oleh guru untuk menuliskan contoh bencana alam sebanyak mungkin yang mereka ketahui  di kertas yang telah dibagikan.
4)      Siswa  mendiskusikan dengan teman sekelompoknya  tentang contoh bencana alam.
5)      Siswa dari masing-masing perwakilan kelompok diminta oleh guru untuk membacakan hasil kerjanya di depan kelas.
6)       Siswa dengan kelompok yang banyak menyebutkan bencana alam dengan benar akan diberi oleh guru hadiah berupa medali buatan dari kertas berwarna     sebanyak 5 buah yang akan dikalungkan kepada perwakilan kelompok dan kelompok yang sedikit menjawab tetap diberi medali tetapi kurang dari 5 buah.
7)      Siswa kembali ke kelompoknya masing-masing.
8)       Siswa yang telah kembali kelompoknya masing masing diberi oleh guru sebuah gambar bencana alam yang berbentuk puzzle.
9)      Siswa diminta oleh guru untuk  mengamati gambar bencana alam yang masih tersusun  secara acak.
10)  Siswa diminta oleh guru untuk menyusun gambar tersebut agar membentuk gambar bencana alam.
11)  Siswa diminta oleh guru untuk menulis sebanyak mungkin cara menghadapi bencana alam yang mereka ketahui pada gambar yang telah mereka susun.
12)  Siswa  mendiskusikan dengan teman sekelompoknya  tentang cara menhadapi bencana alam.
13)  Siswa dari setiap perwakilan kelompok diminta oleh guru untuk menempelkan gambar bencana alam yang telah mereka susun ke papan tulis.
14)  Siswa diminta oleh guru secara bergantian dari setiap kelompok untuk menuliskan jawabannya cara menghadapi bencana alam sebanyak mungkin di papan tulis.
15)   Siswa diberikan apresiasi oleh guru berupa  penghargaan/pujian terhadap hasil kerja kelompok mulai dari pekerjaan yang terbaik.
16)  Siswa dibimbing guru untuk bersama-sama menyanyikan lagu cara menghadapi bencana alam dari lirik lagu Ayo Mama
17)   Siswa diberikan penguatan konsep yang belum tepat oleh guru.

3. Kegiatan penutup ( 5 menit )
1). Kesimpulan materi
2). Pekerjaan Rumah ( PR )
3). Salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar