Mata
Pelajaran : IPS
Kelas/Semestar
: V1/II
Materi Ajar : Cara Menghadapi Bencana Alam
Teori
Belajar : Kontruktivisme
Alokasi
Waktu : 3x35 menit
1. Pendahuluan
( 10 menit )
1) Salam
2) Doa
3) Mengecek
kehadiran
4) Apersepsi
a. Apakah
kalian pernah melihat bencana alam ?
b. Apa
saja bencana alam yang telah kalian ketahui?
c. Bagaimana
cara menghadapi bencana alam?
5) Tujuan pembelajaran
2. Kegiatan
inti ( 90 menit )
1) Siswa
memperhatikan guru yang memberikan penjelasan materi tentang cara menghadapi
bencana alam.
2) Siswa
dibagi 5 kelompok oleh guru , masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang.
3) Siswa
yang telah dibentuk kelompok, masing-masing diminta oleh guru untuk menuliskan
contoh bencana alam sebanyak mungkin yang mereka ketahui di kertas yang telah dibagikan.
4) Siswa
mendiskusikan dengan teman sekelompoknya tentang contoh bencana alam.
5) Siswa
dari masing-masing perwakilan kelompok diminta oleh guru untuk membacakan hasil
kerjanya di depan kelas.
6) Siswa dengan kelompok yang banyak menyebutkan
bencana alam dengan benar akan diberi oleh guru hadiah berupa medali buatan dari
kertas berwarna sebanyak 5 buah yang
akan dikalungkan kepada perwakilan kelompok dan kelompok yang sedikit menjawab
tetap diberi medali tetapi kurang dari 5 buah.
7) Siswa
kembali ke kelompoknya masing-masing.
8) Siswa yang telah kembali kelompoknya masing
masing diberi oleh guru sebuah gambar bencana alam yang berbentuk puzzle.
9) Siswa
diminta oleh guru untuk mengamati gambar
bencana alam yang masih tersusun secara
acak.
10) Siswa
diminta oleh guru untuk menyusun gambar tersebut agar membentuk gambar bencana
alam.
11) Siswa
diminta oleh guru untuk menulis sebanyak mungkin cara menghadapi bencana alam
yang mereka ketahui pada gambar yang telah mereka susun.
12) Siswa mendiskusikan dengan teman sekelompoknya tentang cara menhadapi bencana alam.
13) Siswa
dari setiap perwakilan kelompok diminta oleh guru untuk menempelkan gambar
bencana alam yang telah mereka susun ke papan tulis.
14) Siswa
diminta oleh guru secara bergantian dari setiap kelompok untuk menuliskan
jawabannya cara menghadapi bencana alam sebanyak mungkin di papan tulis.
15) Siswa diberikan apresiasi oleh guru berupa penghargaan/pujian terhadap hasil kerja
kelompok mulai dari pekerjaan yang terbaik.
16) Siswa
dibimbing guru untuk bersama-sama menyanyikan lagu cara menghadapi bencana alam
dari lirik lagu Ayo Mama
17) Siswa diberikan penguatan konsep yang belum
tepat oleh guru.
3. Kegiatan penutup ( 5 menit )
1). Kesimpulan materi
2). Pekerjaan Rumah ( PR )
3). Salam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar